Gejala & Pengobatan Astigmatisma


Astigmatisma adalah kondisi penglihatan yang biasanya dialami orang yang kornea matanya tidak mulus. Kornea normal bentuknya bundar seperti bola bisbol. Mata penderita astigmatisma bentuknya sangat lengkung seperti bola rugbi.



Gejala Astigmatisma
  1. Penglihatan kabur, terdistorsi atau penglihatan seolah berbayang, atau penglihatan tidak jelas di semua jarak (dekat dan jauh)
  2. Ketegangan mata.
  3. Menyipitkan mata.
  4. Iritasi mata.
  5. Sakit kepala.
  6. Kesulitan melihat di malam hari.
  7. Sensitif terhadap sorotan cahaya (fotofobia)
  8. Kesulitan membedakan warna-warna yang letaknya bersebelahan
  9. Kesulitan melihat gambar secara utuh, misalnya garis lurus yang tampak miring.

Diagnosis Astigmatisme

  • Dokter mata akan dapat mendiagnosis astigmatisma melalui pemeriksaan mata yang komprehensif. Ada beberapa tes yang dokter digunakan selama pemeriksaan mata Anda untuk mendiagnosis mata astigmatisma.
  • Uji Tajam Penglihatan.  Anda akan meminta untuk membaca huruf dari pada jarak tertentu untuk menentukan seberapa baik Anda dapat melihat huruf.
  • Uji Refraksi. Tes menggunakan mesin refraktor optik. Mesin ini memiliki beberapa lensa kaca korektif dari kekuatan yang berbeda. Dokter akan meminta Anda untuk membaca grafik sambil melihat melalui lensa dengan kekuatan yang berbeda pada refraktor optik. Dengan demikian dokter dapat menemukan lensa mana yang tepat untuk mengoreksi penglihatan Anda.
  • Keratometry. Keratometry adalah sebuah prosedur untuk mengukur kelengkungan kornea menggunakan alat keratometer.

Pengobatan Astigmatisma

Pengobatan astigmatisme bertujuan memperbaiki kualitas penglihatan penderita.

  1. Lensa korektif (kacamata atau lensa kontak). Penggunaan lensa korektif dapat membantu memfokuskan cahaya yang menerpa kornea mata penderita astigmatisme yang memiliki lengkungan atau permukaan tidak rata. Dengan demikian, cahaya yang masuk ke dalam mata dapat jatuh tepat di retina.
  2. Orthokeratology (Ortho-K)
  3. adalah pengobatan yang menggunakan lensa kontak kaku untuk sementara yang berujuan memperbaiki kelengkungan kornea yang tidak teratur.
  4. Operasi. operasi refraktif seperti LASIK, dan implan lensa kontak.

Artikel Terkait Gejala & Pengobatan Astigmatisma :

Powered by Blogger.