Informasi Gejala Mata Minus dan Cara Menjaga Kesehatan Mata


Kondisi ini menyebabkan anda kesulitan melihat benda jarak jauh. Sinar yang direfleksikan dari sebuah onjek ke mata melalui korneo, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada mata normal, lensa mata dan korneo membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina. Sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun jauh di depannya, Hal ini dapat disebabkan oleh karena kornea terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Sehingga jika anda memiliki mata minus, pada saat melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus.

Besarnya keparahan mata minus ditandai dengan ukuran dioptri (D). Berdasarkan tingkat keparahannya, mata minus terbagi tiga, yaitu miopia rendah (minus 0.5D hingga minus 3D), sedang (minus 3D hingga 6D), dan berat (di atas 6D).

Gejala mata minus
Perhatikan beberapa gejala mata minus di bawah ini. Jika anda mengalmi beberapa gejala ini. Anda harus segera periksa ke dokter mata.

  • Mata terasa tegang, Mata terasa lelah, Sakit kepala, Sering mengucek mata, Mata sering berkedip.
  • Memicingkan mata saat melihat sesuatu.
  • Kesulitan melihat saat mengendarai kendaraan.
  • Ketika menonton televisi harus dekat agar dapat terlihat jelas.
  • Perlu duduk dekat dengan papan tulis (miopia pada anak) untuk melihat jelas.
  • Kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat.

Semakin bertambahnya usia ketajaman mata akan menurun jika anda mengalami beberapa gejala di atas sebaiknya anda bersegeralah periksakan ke dokter mata anda. Bila tidak ada keluhan penglihatan, orang dewasa tetap dianjurkan untuk pemeriksaan rutin mata mulai usia 40 hingga 54 tahun, pemeriksaan mata bis dilakukan tiap dua hingga empat tahun. pada usia 55-64 tahun tiap satu hingga tiga tahun. Dan pada usia 65 tahun keatas, pemeriksaan bisa dilakukan setiap satu atau dua tahun.

Pada anak-anak sebaiknya dilakukan pemeriksaan sebelum sekolah dan pada saat masuk sekolah lakukan rutin tiap satu atau dua tahun.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

  • Makan dan minum yang sehat, sudah menjadi rahasia umum bahwa mengonsumsi makanan yang sehat dapat menjaga organ tubuh menjadi sehat, termasuk mata.
  • Hindari rokok. Merokok emang tidak baik untuk kesehatan dan juga bisa memengaruhi kesehatan mata.
  • Gunakan kacamata hitam dengan UV protector. jangan sepelekan sinar matahari, karena selain bisa membuat kulit menjadi lebih gelap, matahari juga bisa menganggu kesehatan mata.
  • Istirahatkan mata secara beerkala. Saat anda sedang bekerja dengan komputer saat membaca dalam jangka waktu yang lama, beristirahatlah secara berkala dengan cara melihat kejauhan.

Indera penglihatan termasuk salah satu bagian yang penting untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Lakukan juga pemeriksaan rutin untuk mengetahui kondisi mata dan segera koreksi mata anda.

Artikel Terkait Informasi Gejala Mata Minus dan Cara Menjaga Kesehatan Mata :

Powered by Blogger.