Jenis penyebab dan Faktor Mata Astigmatisme



Astigmatisme atau mata silindris adalah cacat pada optik di mana penglihatan menjadi kabur karena  ke tidak mampuan optik mata untuk fokus benda titik menjadi gambar terfokus tajam pada retina, hal ini disebabkan oleh kelengkungan tidak teratur atau toric dari kornea atau lensa. Kelainan ini bisa mengenai siapa saja. Kelainan ini, biasanya merupakan bawaan lahir atau juga bisa disebabkan oleh cedera pada mata atau juga sebagai komplikasi dari operasi mata yang pernah dijalani.


Astigmatisme adalah penyakit yang menyebabkan kemampua mata untuk melihat objek jarak jauh maupun dekat menjadi berkurang tajam. Apabila tidak segera di atasi maka astigmatisme bisa menimbulkan sakit kepala dan mata lelah, terlebih apabila setelah memakai kaca mata dalam waktu yang cukup lama.

Penyebab Astigmatisme

Astigmatisma disebabkan oleh kornea atau lensa yang tidak merata mengakibatkan cahaya yang masuk ke mata menjadi tidak fokus saat diteruskan ke retina mata. Akhirnya penglihatan yang dihasilkan adalah kabur.

Jenis-jenis Astigmatisme
 
  1. Astigmatisme bisa dibedakan menjadi dua berdasarkan letak kerusakannya, yaitu astigmatisme korneal dan astigmatisme lentikular. Korneal merupakan astigmatisme yang disebabkan oleh cacat pada kornea mata. Sedangkan lentikular merupakan astigmatisme yang disebabkan oleh cacat pada lensa mata.
  2. Dua jenis astigmatisme berdasarkan jenis kerusakannya, yaitu regular dan irregular. Astigmatisme regular adalah kondisi dimana satu sisi kornea mata cenderung lebih melengkung dari pada sisi lainnya. Kondisi ini merupakan kondisi yang paling umum ditemukan dan bisa diatasi dengan menggunakan kaca mata atau lensa kontak. Sedangkan astigmatisme iregular adalah kondisi dimana kornea mata tidak rata di berbagai sisinya atu diseluruh permukaan kornea. Kondisi ii disebabkan oleh cedera yang meniggalkan luka pada kornea mata. Astigmatisme iregular dapat disembuhkan dengan penggunaan bantuan lensa kontak.

Diduga astigmatisme bersifat keturunan dari keluarga. Karena pada umumnya kasus ini muncul sejak dari lahir. Apalagi banyak ditemukan pada bayi yang terlahir prematur atau bayi yang kekurangan berat badan.

Faktor Resiko Astigmatisme
 
Beberapa Fasktor yang dapat meyebabkan mata megalami astigmatisme.


  1. Infeksi yang meyebabkan cedera pada kornea mata.
  2. Komplikasi setelah menjalani operasi.
  3. Keadaan pada kelopak mata yang mengganggu struktur kornea mata. Seperti tertekannya kornea oleh benjolan pada kelopak mata.
  4. Keratoglobus dan keratoconus, keadaan dimana kornea mata menjadi berubah bentuk, dari menebal ataupun menipis.
  5. Kornea atau lensa mata yang dipengaruhi oleh kondisi lain.







Artikel Terkait Jenis penyebab dan Faktor Mata Astigmatisme :

Powered by Blogger.